Jumat, 29 November 2013

TULISAN PENGANTAR BISNIS 3


PEMASARAN






RINI FEBRI AGUSTI
27213740
1 EB 22




I.         PENDAHULUAN
Dalam era persaingan usaha yang semakin kompetetif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetensi dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi pemasaran yang dijalankannya .Produk-produk yang dipasarkan dibuat melalui suatu proses yang berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu meningkatkan kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut.
Salah satu masalah pokok yang menjadi kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tersebut merupakan tanggung jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu perusahaan jika inginj tetap eksis didalam persaingan bisnis.
II.      PEMBAHASAN
ü  PENGERTIAN PASAR DAN PEMASARAN
·         PEMASARAN
Pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan.Semua perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Pada saat ini kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha.Kadang-kadang istilah pemasaran ini diartikan sama dengan beberapa istilah,seperti :penjualan,perdagangan,dan distribusi.Salah pengertian ini timbul Karena pihak-pihak yang bersangkutan mempunyai  kegiatan dan kepentingan yang berbeda-beda.Misalnya seorang salesman atau manajer penjualan membicarakan pemasaran,sebenarnya masalah yang dibicarakan adalah penjualan;seorang manajer toko serba ada mengartikannya sebagai perdagangan.
Kenyataannya,pemasaran merupakan konsep yang menyeluruh,sedangkan istilah yang lain tersebut hanya merupakan satu bagian,satu kegiatan dalam system pemasaran secara keseluruhan dari pengertian tentang:
§  Penjualan
§  Perdagangan
§  Distribusi
Gambaran tentang pemasaran secara luas dapat diketahhui dari definisi yang dikemukakan oleh William j.stanton berikut ini :
Pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untukmerencanakan,menentukan harga,mempromosikan,dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
§  PASAR
Seorang yang membeli suatu barang atau jasa akan terlibat dalam suatu transaksi pembelian.Transaksi jual beli yang terjadi dilakukan oleh penjual dan pembeli.Kejadian ini berlangsung pada saat tertentu ditempat tertentu.Sehingga pasar dapat dianggap sebagai suatu tempat.
Pengertian pasar sebagai tempat ini sebenarnya sangat sempit dan kurang fleksibel.Oleh karena itu kita akan menggunakan definisi pasar yang lebih luas (dikemukakan oleh W.J.Stanton) berikut ini.
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.
Dari definisi tersebut dapatlah diketahui adanyan tiga unsure penting yang terdapat dalam pasar,yakni :
Ø  Orang dengan segala keinginannya
Ø  Daya beli mereka
Ø  Kemauan untuk membelanjakan uangnya

ü  MACAM-MACAM PASAR
       
         Pada pokonya,pasar dapat dikelompokkan kedalam 4 golongan,yakni : 
1.     Pasar Konsumen
Yaitu sekelompok pembeli yang membeli barang-barang untuk dikonsumsikan,bukannya dijual atau diproses lebih lanjut. Termasuk dalam pasar konsumen ini adalah pembeli-pembeli individual dan pembeli rumah tangga (non-bisnis).Barang yang dibeli adalah barang konsumsi.
2.    Pasar Industri
Yaitu pasar yang terdiri atas individu-individu dan lembaga atau organisasi yang mebeli barang-barang untuk dipakai lagi,baik secara langsung maupun tidak langsung,dalam memproduksi barang lain yang kemudian dijual.Barang yang dibeli adalah barang industry.
3.    Pasar Penjual
Yaitu suatu pasar yang terdiri atas individu-individu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud untuk dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan laba.
4.    Pasar Pemerintah
Yaitu pasar dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah,seperti : departemen-departemen,direktorat,kantor-kantor dinas, dan instansi lain.

ü  KONSEP-KONSEP INTI PEMASARAN
     Konsep pemasaran (marketing concept) merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.Segala kegiatan perusahaan dibidang produksi,teknik,keuangan,dan pemasaran diarahkan pada usaha untuk mengetahui keinginan pembeli dan kemudian memuaskan keinginan tersebut dengan mendapatkan laba.Jadi, bagian pemasarn mempunyai peranan aktif sejak dimulainya proses produksi.Semua kegiatan perusahaan untuk menghasilkan dan menjual barang didasarkan pada masalah pemasaran.
Perusahaan yang menganut konsep pemasaran ini tidak hanya sekedar menjual barang saja,tetapi lebih dari itu,dimana perusahaan harus memperhatikan konsumen beserta kebutuhannya,secara definitive dapat dikatakan bahwa :

Konsep Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan   konsumen merupakan syarat ekonomi dan social bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep pemasaran ini ini banayk dianut oleh perusahaan modern yang ingin mencapai laba jangka panjang dengan berorientasi kepada konsumen atau pasar.
ü  PENDEKATAN STUDI PEMASARAN
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam-macam pendekatan,yaitu
·         Pendekatan serba fungsi
Jumlah dan macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan.Adapun fungsi pokok pemasaran adalah:
1.     Penjualan
2.    Pembelian
3.    Pengangkutan
4.    Penyimpanan
5.    Pembelanjaan
6.    Penanggungan resiko
7.    Standarisai dan grading
8.    Pengumpulan informasi pemasaran

·         Pendekatan serba lembaga
Pendekatan serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.Lembaga tersebut adalah :
*      Penyediaan bahan yang menyediakan bahwa kepada produsen
*      Produsen yang mengolah bahanmenjadi barang jadi
*      Perantara dagang, seperti: pedagang besar dan pengecer
*      Perantara agen,seperti : agen penunjang,agen pelengkap
*      Perusahaan saingan
*      Pembeli akhir

·         Pendekatan serba barang
Pendekatan serba barang disebut juga pendekatan organisasi industry,merupakan suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen industry.Proses dan organisasi yang digunakan disini harus dibuat untuk masing-masing barang.Jadi, pendekatan ini hanya menggambarkan pemasarn dari segi barang-barang yang ada didalamnya .

·         Pendekatan serba manajemen
Pendekatan serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik-beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.Disini, pemasaran ditinjau sebagai suatu kerangka yang terdiri atas variable-variabel yang dapat dikontrol seperti : produk perusahaan,saluran distribusi,harga dan promosi,ditambah dengan variable-variabel yang tidak dapat dikontrol atau variable lingkungan seperti persaingan,permintaan dan masyarakat.Jadi, pendekatan ini mempelajri dan menekankan masalah-masalah pemasaran yang dihadapi oleh produsen sebagai kekuranagn dari aspek lain tentang system pemasaran.
·         Pendekatan serba system
Pendekatan serba system atau pendekatan system total ini mencakup elemen-elemen yang luas dalam system pemasaran,termasuk keempat pendekatan dimuka.Oleh karena itu pendekatan system total tersebut banyak dipakai dalam buku-buku tentang pemasara. Adapun definisi dari system pemasaran adalah sebagai berikut :

Sumber Pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran,barang,jasa,ide,orang, dan factor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh,dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

III.    PENUTUP
Dari pembahasan yang telah disampaikan, maka dapat disumpulkan bahwa pengertian pasar dengan pemasaran berbeda, kalau pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.Sedangkan pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untukmerencanakan,menentukan harga,mempromosikan,dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

IV.      DAFTAR PUSTAKA
Pengantar Bisnis Modern, Liberty Yogyakarta ( Ibnu Sukutjo W, SE )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar