PEMASARAN
RINI FEBRI AGUSTI
27213740
1 EB 22
I.
PENDAHULUAN
Dalam era persaingan usaha yang semakin
kompetetif sekarang ini, setiap pelaku bisnis yang ingin memenangkan kompetensi
dalam persaingan pasar akan memberikan perhatian penuh pada strategi pemasaran
yang dijalankannya .Produk-produk yang dipasarkan dibuat melalui suatu proses
yang berkualitas akan memiliki sejumlah keistimewaan yang mampu meningkatkan
kepuasan konsumen atas penggunaan produk tersebut.
Salah satu masalah pokok yang menjadi
kendala dalam pemasaran adalah banyaknya saingan didalam pasar itu sendiri baik
dari produk sejenis maupun dari produk lain. Hal tersebut merupakan tanggung
jawab besar yang harus dimenangkan oleh suatu perusahaan jika inginj tetap
eksis didalam persaingan bisnis.
II. PEMBAHASAN
ü PENGERTIAN
PASAR DAN PEMASARAN
·
PEMASARAN
Pemasaran
dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan.Semua perusahaan berusaha
memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Pada saat
ini kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting dalam dunia usaha.Kadang-kadang
istilah pemasaran ini diartikan sama dengan beberapa istilah,seperti
:penjualan,perdagangan,dan distribusi.Salah pengertian ini timbul Karena
pihak-pihak yang bersangkutan mempunyai
kegiatan dan kepentingan yang berbeda-beda.Misalnya seorang salesman
atau manajer penjualan membicarakan pemasaran,sebenarnya masalah yang
dibicarakan adalah penjualan;seorang manajer toko serba ada mengartikannya
sebagai perdagangan.
Kenyataannya,pemasaran
merupakan konsep yang menyeluruh,sedangkan istilah yang lain tersebut hanya
merupakan satu bagian,satu kegiatan dalam system pemasaran secara keseluruhan
dari pengertian tentang:
§ Penjualan
§ Perdagangan
§ Distribusi
Gambaran tentang
pemasaran secara luas dapat diketahhui dari definisi yang dikemukakan oleh
William j.stanton berikut ini :
Pemasaran adalah
system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan
untukmerencanakan,menentukan harga,mempromosikan,dan mendistribusikan barang
dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial.
§ PASAR
Seorang
yang membeli suatu barang atau jasa akan terlibat dalam suatu transaksi
pembelian.Transaksi jual beli yang terjadi dilakukan oleh penjual dan
pembeli.Kejadian ini berlangsung pada saat tertentu ditempat tertentu.Sehingga
pasar dapat dianggap sebagai suatu tempat.
Pengertian
pasar sebagai tempat ini sebenarnya sangat sempit dan kurang fleksibel.Oleh
karena itu kita akan menggunakan definisi pasar yang lebih luas (dikemukakan
oleh W.J.Stanton) berikut ini.
Pasar
adalah orang-orang yang mempunyai
keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.
Dari definisi tersebut
dapatlah diketahui adanyan tiga unsure penting yang terdapat dalam pasar,yakni
:
Ø Orang dengan segala keinginannya
Ø Daya beli mereka
Ø Kemauan untuk membelanjakan uangnya
ü MACAM-MACAM
PASAR
Pada
pokonya,pasar dapat dikelompokkan kedalam 4 golongan,yakni :
1. Pasar
Konsumen
Yaitu sekelompok pembeli yang membeli
barang-barang untuk dikonsumsikan,bukannya dijual atau diproses lebih lanjut.
Termasuk dalam pasar konsumen ini adalah pembeli-pembeli individual dan pembeli
rumah tangga (non-bisnis).Barang yang dibeli adalah barang konsumsi.
2. Pasar
Industri
Yaitu pasar yang terdiri atas
individu-individu dan lembaga atau organisasi yang mebeli barang-barang untuk
dipakai lagi,baik secara langsung maupun tidak langsung,dalam memproduksi
barang lain yang kemudian dijual.Barang yang dibeli adalah barang industry.
3. Pasar
Penjual
Yaitu suatu pasar yang terdiri atas
individu-individu dan organisasi yang membeli barang-barang dengan maksud untuk
dijual lagi atau disewakan agar mendapatkan laba.
4. Pasar
Pemerintah
Yaitu pasar dimana terdapat
lembaga-lembaga pemerintah,seperti :
departemen-departemen,direktorat,kantor-kantor dinas, dan instansi lain.
ü KONSEP-KONSEP
INTI PEMASARAN
Konsep pemasaran (marketing concept)
merupakan falsafah perusahaan yang menyatakan bahwa pemasaran keinginan pembeli
adalah syarat utama bagi kelangsungan hidup perusahaan.Segala kegiatan
perusahaan dibidang produksi,teknik,keuangan,dan pemasaran diarahkan pada usaha
untuk mengetahui keinginan pembeli dan kemudian memuaskan keinginan tersebut
dengan mendapatkan laba.Jadi, bagian pemasarn mempunyai peranan aktif sejak
dimulainya proses produksi.Semua kegiatan perusahaan untuk menghasilkan dan
menjual barang didasarkan pada masalah pemasaran.
Perusahaan yang menganut konsep
pemasaran ini tidak hanya sekedar menjual barang saja,tetapi lebih dari
itu,dimana perusahaan harus memperhatikan konsumen beserta kebutuhannya,secara
definitive dapat dikatakan bahwa :
Konsep
Pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang
menyatakan bahwa pemuasan kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan social
bagi kelangsungan hidup perusahaan.
Konsep pemasaran ini
ini banayk dianut oleh perusahaan modern yang ingin mencapai laba jangka
panjang dengan berorientasi kepada konsumen atau pasar.
ü PENDEKATAN
STUDI PEMASARAN
Pemasaran
dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam-macam pendekatan,yaitu
·
Pendekatan
serba fungsi
Jumlah dan
macam dari fungsi ini tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam
perdagangan.Adapun fungsi pokok pemasaran adalah:
1.
Penjualan
2.
Pembelian
3.
Pengangkutan
4.
Penyimpanan
5.
Pembelanjaan
6.
Penanggungan
resiko
7.
Standarisai
dan grading
8.
Pengumpulan
informasi pemasaran
·
Pendekatan
serba lembaga
Pendekatan
serba lembaga ini mempelajari pemasaran dari segi organisasi/lembaga-lembaga
yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.Lembaga tersebut adalah :






·
Pendekatan
serba barang
Pendekatan
serba barang disebut juga pendekatan organisasi industry,merupakan suatu
pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang
tertentu berpindah dari titik produksi ke konsumen akhir atau konsumen
industry.Proses dan organisasi yang digunakan disini harus dibuat untuk
masing-masing barang.Jadi, pendekatan ini hanya menggambarkan pemasarn dari
segi barang-barang yang ada didalamnya .
·
Pendekatan
serba manajemen
Pendekatan
serba manajemen mempelajari pemasaran dengan menitik-beratkan pada pendapat
manajer serta keputusan yang mereka ambil.Disini, pemasaran ditinjau sebagai
suatu kerangka yang terdiri atas variable-variabel yang dapat dikontrol seperti
: produk perusahaan,saluran distribusi,harga dan promosi,ditambah dengan
variable-variabel yang tidak dapat dikontrol atau variable lingkungan seperti
persaingan,permintaan dan masyarakat.Jadi, pendekatan ini mempelajri dan
menekankan masalah-masalah pemasaran yang dihadapi oleh produsen sebagai
kekuranagn dari aspek lain tentang system pemasaran.
·
Pendekatan
serba system
Pendekatan
serba system atau pendekatan system total ini mencakup elemen-elemen yang luas
dalam system pemasaran,termasuk keempat pendekatan dimuka.Oleh karena itu
pendekatan system total tersebut banyak dipakai dalam buku-buku tentang
pemasara. Adapun definisi dari system pemasaran adalah sebagai berikut :
Sumber
Pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang
melakukan tugas pemasaran,barang,jasa,ide,orang, dan factor-faktor lingkungan
yang saling memberikan pengaruh,dan membentuk serta mempengaruhi hubungan
perusahaan dengan pasarnya.
III. PENUTUP
Dari pembahasan yang telah disampaikan, maka dapat disumpulkan
bahwa pengertian pasar dengan pemasaran berbeda, kalau pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan
untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.Sedangkan
pemasaran adalah system keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan
untukmerencanakan,menentukan harga,mempromosikan,dan mendistribusikan barang
dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli
potensial.
IV. DAFTAR
PUSTAKA
Pengantar
Bisnis Modern, Liberty Yogyakarta ( Ibnu Sukutjo W, SE )
Tidak ada komentar:
Posting Komentar