TUGAS MINGGU 6.
1.
Jelaskan perbedaan
pasar dengan pemasaran !
a. Kalau pasar adalah
orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan
kemauan untuk membelanjakannya.
b.
Sedangkan pemasaran
adalah system keseluruha dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakn,
menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang
dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
2.
Berikan contoh masing-masing 5 untuk :
Ø
Jenis pasar industry
- Pabrik Sepatu
- Pabrik Tahu
- Pabrik Benang
- Pabrik Sabun
- Pabrik Oli
Ø
Jenis pasar penjual
·
Pedagan sayuran
·
Penjual makanan ringan
di pasar
·
Penjual kebutuhan
pokok seperti beras,gula,garam dll di pasar
·
Penjual elektronik di
mall
3. Jelaskan dengan 1 contoh
barang/jasa universal dan bagaimana memasarkannya (Berdasarkan 4P)
Konsep
marketing 4p adalah product, price, place, promotion. Contoh jasa atau barang
yang menggunakan metode 4 adalah online shop. Mereka menjual barang atau jasa
melalu jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll.
Di halaman website pertama
akan muncul tampilan barang-barang atau jasa yang akan di jual. Di dalam
website tersebut juga sudah di tampilkan harga barangnya dan jenis bahan
barangnya jika produk itu seperti sepatu atau baju. Harganya juga harus
terjangkau oleh konsumen, produknya juga harus berkualitas. Dan tampilan
websitenya juga harus di buat semenarik mungkin agar para konsumen tertarik.
Untuk promosi toko online biasanya mengadakan discount, atau gratis ongkos
kirim agar konsumen lebih tertarik. Toko onlie juga mempunyai mitra-mitra dan
jasa pengiriman terpecaya. Mitra-mitra tersebut dapat dikaitkan dengan place
atau distributor.
4.
Sebut dan jelaskan 4 variabel bauran promosi !
a)
Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.
5.
Sebutkan bebrapa
alternative system pemasaran
a.
Sistem pemasaran
dengan saluran vertical
b. Sistem pemasaran
dengan saluran horizontal
c. Sistem pemasaran
dengan saluran ganda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar