Minggu, 24 November 2013

TUGAS PENGANTAR BISNIS MINGGU KE ENAM

TUGAS  MINGGU 6. 

1.      Jelaskan perbedaan pasar dengan pemasaran !
a.   Kalau pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas,uang untuk berbelanja,dan kemauan untuk membelanjakannya.
b.      Sedangkan pemasaran adalah system keseluruha dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakn, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

2.       Berikan contoh masing-masing 5 untuk :
Ø  Jenis pasar industry
-         Pabrik Sepatu
-         Pabrik Tahu
-         Pabrik Benang
-         Pabrik Sabun
-         Pabrik Oli

Ø  Jenis pasar penjual
·         Pedagan sayuran
·         Penjual makanan ringan di pasar
·         Penjual kebutuhan pokok seperti beras,gula,garam dll di pasar
·         Penjual elektronik di mall

3.      Jelaskan dengan 1 contoh barang/jasa universal dan bagaimana memasarkannya (Berdasarkan 4P)
 Konsep marketing 4p adalah product, price, place, promotion. Contoh jasa atau barang yang menggunakan metode 4 adalah online shop. Mereka menjual barang atau jasa melalu jejaring sosial seperti facebook, twitter, dll.
Di halaman website pertama akan muncul tampilan barang-barang atau jasa yang akan di jual. Di dalam website tersebut juga sudah di tampilkan harga barangnya dan jenis bahan barangnya jika produk itu seperti sepatu atau baju. Harganya juga harus terjangkau oleh konsumen, produknya juga harus berkualitas. Dan tampilan websitenya juga harus di buat semenarik mungkin agar para konsumen tertarik. Untuk promosi toko online biasanya mengadakan discount, atau gratis ongkos kirim agar konsumen lebih tertarik. Toko onlie juga mempunyai mitra-mitra dan jasa pengiriman terpecaya. Mitra-mitra tersebut dapat dikaitkan dengan place atau distributor.

4.      Sebut dan jelaskan 4 variabel bauran promosi !
 a) Produk (product)
Produk adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan, diperoleh digunakan atau dikonsumsi sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.
b) Harga (price)
Harga merupakan jumlah uang yang harus dibayarkan oleh konsumen untuk mendapatkan suatu produk. Harga diukur dengan nilai yang dirasakan dari produk yang ditawarkan jika tidak maka konsumen akan membeli produk lain dengan kualitas yang sama dari penjualan saingannya. Harga adalah satu-satunya alat bauran pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai sasaran pemasarannya. Keputusan harga harus dikoordinasikan dengan rancangan produk, distribusi dan promosi yang membentuk program pemasaran yang konsisten dan efektif.
c) Tempat (place)
Tempat termasuk aktivitas perusahaan untuk membuat produk tersedia bagi konsumen sasaran. Keputusan mengenai tempat sangat penting agar konsumen dapat memperoleh produk yang dibutuhkan tepat pada saat dibutuhkan.
d) Promosi (promotion)
Promosi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengkomunikasikan manfaat dari produk atau jasa dan meyakinkan konsumen sasaran tentang produk yang mereka hasilkan.

5.      Sebutkan bebrapa alternative system pemasaran
a.    Sistem pemasaran dengan saluran vertical
b.   Sistem pemasaran dengan saluran horizontal
c.   Sistem pemasaran dengan saluran ganda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar